INOVASI DALAM BIDANG TEKNOLOGI DAN INFORMASI

 


INOVASI DALAM BIDANG TEKNOLOGI DAN INFORMASI

Sejarah perkembangan dari Teknologi Informasi sejatinya ditentukan dari adanya penemuan alat/media untuk penyampaian atau pertukaran informasi. Terjadinya transformasi di masyarakat dimulai sejak adanya penemuan berbagai media mulai dari kertas, telepon, radio, televisi, satelit hingga penemuan komputer. Dalam kurun waktu penemuan tersebut, terjadi perubahan yang mengakibatkan terjadinya transformasi masyarakat dalam berbagai pola aktivitas kesehariannya.

Teknologi informasi saat ini disebut-sebut memasuki “masa emas” nya. Paling tidak 50 tahun terakhir, manusia telah banyak melakukan terobosan dengan berbagai inovasi yang dibuatnya. Di tahun 1900-an semuanya masih memakai sistem analog, mulai dari sistem komunikasi, transportasi dan lainnya. Sedangkan di tahun 2000-an, semuanya sudah menggunakan sistem komputer dan bahkan terintegrasi antara satu sistem dengan sistem lainnya. Sistem teknologi dan informasi sekarang telah merambah berbagai bidang dan aspek kehidupan secara digital.

Teknologi merupakan sebuah konsep yang berkaitan dengan jenis penggunaan dan pengetahuan tentang alat dan keahlian, serta bagaimana dapat memberi pengaruh pada kemampuan manusia untuk mengendalikan dan mengubah sesuatu yang ada di sekitarnya.

Dapat dikatakan bahwa teknologi adalah semacam perpanjangan tangan manusia untuk dapat memanfaatkan alam dan sesuatu yang ada di sekelilingnya secara lebih maksimal.

Dengan begitu, secara sederhana, teknologi bertujuan untuk mempermudah pemenuhan kebutuhan manusia.

Menurut Philip Sporn yang merupakan insinyur di bidang kelistrikan, kemajuan teknologi dapat diamati melalui cara-cara sistematis yang berlandaskan penemuan ilmiah melalui proses eksperimen.

Hasil dari teknologi tersebut tidak lain merupakan produk yang dapat digunakan secara praktis ataupun mengenai jasa tertentu.

Makin manusia membutuhkan banyak hal, makin banyak juga teknologi-teknologi yang tercipta sehingga tidak ada yang tidak mungkin untuk menghadirkan dan menggunakan teknologi canggih masa depan. Buktinya, saat ini sudah ada beberapa teknologi canggih masa depan.

1. Drone

2. IoT (Internet of Things)

3. Project Loon

4. Project Tango

5. VR (Virtual Reality)

dll.

Komentar

Postingan Populer