APLIKASI KOMPUTER


 

APLIKASI KOMPUTER

Software atau perangkat lunak adalah kumpulan kode atau script yang diinstal ke hard drive komputer atau peralatan elektronis lain.

Dengan demikian, software ini adalah kumpulan instruksi, prosedur dan dokumentasi yang memungkinkan komputer melakukan tugas yang berbeda pada sistemnya. Maka itu, banyak orang yang bilang kalau software ini adalah kode pemrograman yang nantinya dieksekusi prosesor komputer. Saat ini, ada dua jenis perangkat lunak yakni system software atau perangkat lunak sistem dan application software atau perangkat lunak aplikasi, berikut penjelasannya:

  • Perangkat lunak sistem memungkinkan pengoperasian, pengendalian dan perluasan kemampuan pemrosesan komputer. Perangkat jenis ini perannya sangat sentral karena bisa menjalankan perangkat keras dan perangkat lunak aplikasi. Karena itu, ia adalah antarmuka antara perangkat keras dan pengguna. Mayoritas produsen komputer mengembangkan perangkat lunak sistem dengan bahasa pemograman umum yang digunakan seperti C, C++ dan Assembly language. Contoh paling sederhana dari perangkat lunak sistem adalah sistem operasi komputer, compilerassemblerinterpreter dan device driver.
  • Application software atau perangkat lunak aplikasi, yang juga bisa disebut aplikasi piranti lunak adalah aplikasi yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan pengguna atas perangkat tersebut. Contoh paling sederhana adalah Ms Office Word yang memungkinkan pengguna buat dokumen atau mungkin Spreadsheet yang memungkinkan seseorang buat laporan keuangan termasuk sistem manajemen basis data atau database management systems [DMBS] yang membantu anda memelihara data dalam basis data.

Komentar

Postingan Populer